twitter



Masa depan suatu bangsa terletak di tangan para generasi mudanya.
Setiap menjelang tahun ajaran baru,hampir semua orangtua bingung mencari sekolah yang tepat untuk anak-anaknya. Sebagai orangtua tentu ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya. Tentunya orangtua berharap sekolah yang dipilih akan mampu menjadi tempat mengembangkan kemampuan anak secara optimal.
Sekolah yang berkualitas tinggi tidak harus mahal. karena sekolah yang mahal belum tentu terjamin kualitasnya.
Berikut 10 hal yang perlu menjadi bahan pertimbangan orangtua untuk mengambil keputusan dalam memilih sekolah lanjutan :
1. Libatkan anak ketika memilih sekolah, anak akan merasa bangga karena diberi kesempatan melakukan hal yang penting. Disisi lain anak akan lebih bertanggungjawab sebab sekolah yang dimasukinya adalah pilihan sendiri.
2. Ketahui Visi dan Misinya, sekolah yang baik memiliki visi dan misi yanng jelas,terukur dan relistis. Pernyataan visi dan misi dapat terpotret dari aspek keagamaan,akademis,mental,perilaku,kecakapan hidup,kemandirian dan kewirausahaan. Oleh sebab itu orangtua seharusnya tidak terjebak pada istilah-istilah sekolah favorit,unggulan,plus dll. Sekolah yang baik adalah sekolah yang mampu menggali,mengembangkan dan mengoptimalkan seluruh potensi peserta didiknya.
3. Porsi Pendidikan Akhlak, di era sekarang ini dimana banyak kasus yang menimpa generasi penerus kita termasuk para pelajar, mulai dari kasus tawuran,narkotik,pergaulan bebas dan perbuatan menyimpang. maka peran pendidikan agama menjadi utama dalam membentuk kharakter dan perilaku siswa
4. Kurikulum pembelajaran, kurikulum bisa dikatakan sebagai jantungnya pendidikan. kebijakan kurikulum terbaru yaitu KTSP sangat memberikan keleluasan pihak sekolah untuk berkreasi dan berinovasi selama masih mengacu kepada standar kompetensi yang ditentukan.Kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler yang diselenggarakan sekolah perlu dicermati apakah sudah mengoptimalkan bakat dan potensi peserta didik.
5. Profil Pendidik, guru merupakan ujung tombak pendidikan untuk mencetak dan mengkader generasi penerus yang didampakan. apalah artinya kurikulum yang ideal jika tidak didukung oleh pelaksananya yaitu sumber daya manusia yanng cakap.
6. Gedung dan Fasilitas, mulai dari bangunan fisik,dan seiring dengan kemajuan bidang informasi dan teknologi nampaknya fasilitas akses jaringan internet dan website sendiri dimana setiap stake holders dapat berinteraksi dan berkomunikasi di dunia maya. Hal ini sangat membantu orangtua untuk memantau perkembangan putra-putrinya secara cepat tanpa harus secara fisik datang ke sekolah.
7. Lokasi sekolah dan Lingkungan, jarak sekolah ke rumah,lingkungan sekitar dan sarana transportasinya. Sekolah yang berlokasi di pusat perkotaan atau keramaian dan sekolah yang berada di pinggiran dekat dengan suasana alam akan memepengaruhi anak dalam belajar.
8. Biaya Pendidikan, faktor biaya merupakan pertimbangan paling utama dalam memutuskan sekolah yang dipilih,terutama bagi masyarakat yang secara ekonomi kelas menengah ke bawah. sekolah-sekolah yang dianggap favorit,unggul maupun plus biasanya akan memasang biaya pendidikan yang tidak murah. Oleh karena itu,sebelum menentukan pilihan sekolah, orangtua diharapkan sudah mampu mengukur kemampuan secara ekonomi tentang biaya pendidikan yang harus dikeluarkan termasuk anggaran diluar program sekolah seperti uang saku, transportasi,kelengkapan sekolah dll.
9. Ketertiban dan Kebersihan sekolah, Siswa di sekolah harus merasa senang dan betah seperti ketika berada di rumahnya sendiri ( feels like second home )
10. Lihat prestasi dan keberhasilan alumninya, dalam memilih sekolah yang ideal adalah prestasi dan profil output-nya. Sekolah yang baik,selain unggul dalam proses,juga unggul pada hasilnya. keberhasilan alumni dapat diukur dari lulusan sekolah dapat diterima di sekolah lanjutan yang kualitasnya baik serta memiliki life skill yang cukup untuk mampu eksis di tengah masyarakat.

0 komentar:

Posting Komentar