twitter



Mengapa kita belajar sejarah? Mempelajari sejarah tidak sekedar menghapalkan tahun-tahun, mengingat peristiwa atau nama-nama tokoh yang pernah menjadi pelaku sejarah. Belajar sejarah berarti merasakan dan menghayati makna atau semangat zaman yang terkandung dalam setiap peristiwa sejarah yang terjadi pada masa lalu.
Kegunaan sejarah dapat dilihat secara :
Ekstrinsik, yang berfungsi sebagai pendidikan moral, penalaran, politik, kebijakan, perubahan, masa depan, keindahan dan ilmu bantu.
Intrinsik, sejarah berguna sebagai ilmu, sebagai cara mengetahui masa lampau, sebagai pernyataan pendapat, serta sebagai profesi
Rekreatif ( hiburan ), Media hiburan ini bisa dituangkan dalam bentuk buku, novel, drama, teater atau film. banyak film yang mendapat inspirasi atau bahkan mengangkat tema-tema sejarah. Film tersebut dikemas menjadi menarik dan menghibur,banyak nilai dan hikmah yang bisa dipetik untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Prof.Dr.Kuntowijoyo, " Kenyataan bahwa sejarah terus ditulis orang, di semua peradaban dan sepanjang waktu, sebenarnya cukup menjadi bukti bahwa sejarah itu perlu"

1 komentar:

  1. Thanks..

Posting Komentar